Pages

Selasa, 25 Oktober 2011

manfaat tidur

Manfaat Tidur untuk Kesehatan

Senin, 1 Juni 2009 - 09:20 wib
Foto: Corbis
Foto: Corbis
ISTIRAHAT adalah salah satu cara untuk menenangkan diri dari kepenatan selama beraktivitas seharian. Tidur nyenyak dapat mengembalikan vitalitas seseorang menjadi lebih baik. Tidak mengherankan bila waktu tidur pada setiap orang pun berbeda-beda.

Data dari The National Sleep Foundation, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa bayi harus tidur sekitar 80 persen dalam sehari. Sementara bagi orang dewasa sekitar 30 persen dari waktu 24 jam atau sekitar 7-9 jam sebaiknya dipergunakan untuk tidur.

"Sebisa mungkin mendapatkan tidur yang berkualitas," tutur pemilik sekaligus dokter estetika dari Debyutie Skin Care Jakarta, Dr Mercylia Krenata.

Mercylia mengatakan, tidur berkualitas merupakan tidur yang ditandai dengan rasa bugar saat bangun tidur, sepanjang hari badan tetap segar.

"Pada orang dewasa dibutuhkan tidur 8 jam sehari. Jika kurang, maka mereka akan merasakan beberapa dampak yang tidak baik untuk kesehatan," sebut dokter yang juga koordinator layanan medis di Lembaga kesehatan Preventiv, Karya Bhakti Jakarta.

Namun, dalam situasi seperti sekarang, setiap orang dituntut untuk bekerja keras dengan mobilitas tinggi dan jadwal yang padat, maka untuk memenuhi waktu tidur selama 7-9 jam sehari seperti yang dianjurkan tidaklah mudah terpenuhi.

"Bahkan, ada yang tidur hanya 4-5 jam dalam sehari. Hal ini tentunya bisa memicu gangguan tidur sekaligus mengurangi vitalitas," ujar Mercylia lebih lanjut pada saat menjadi pembicara soft Launching Airgonic di JI EXPO Kemayoran, beberapa waktu lalu.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll


ShoutMix chat widget